Isi Pusat Undangan Indonesia

Selasa, 11 Oktober 2011

Contoh Undangan Tasyakuran / Walimatul Nikah

Surat undangan Walimah / Tasyakuran Pernikahan
Di daerah saya, Mojokerto, ada sebuah acara yang sudah menjadi kebiasaan dilakukan ketika seseorang hendak mengadakan hajatan pernikahan atau khitanan. Acara itu biasanya dinamakan Walimahan, semacam acara Syukuran / Tasyakuran yang mengundang warga tetangga sekitar. Isi pokok dari acara walimah itu adalah meminta doa restu kepada para tetangga agar acara hajatan yang akan berlangsung
mendapat Ridho dari Alloh dan bisa berlangsung dengan selamat dan barokah dari mulai sampai finishing acara walimah.
Jika hajatan yang akan di laksanakan adalah Pernikahan maka acara walimah ini dinamakan WALIMATUL ARUSY atau Walimatul Nikah. Jika hajatanya adalah Khitanan maka acara ini dinamakan WALIMATUL KHITAN.
Nah, untuk mengundang para tetangga agar hadir pada acara walimahan itu, yang punya acara membuat sepucuk surat undangan yang sederhana. Surat undangan itu di ketik (di setting / di desain) dengan menggunakan komputer kemudian di print dan di perbanyak dengan cara fotokopi. Karena yang punya hajat / acara itu tidak bisa membuat surat undangan itu, maka dia memesanya di percetakan atau pengetikan yang terdekat dengan kediamanya.
Ada bebarapa acara yang mirip dengan acara walimahan atau Tasyakuran. Yang juga menggunakan surat undangan dengan model yang sama seperti surat udangan walimahan atau Tasyakuran. Acara-acara itu antara lain: TAHLILAN, MEMASUKI RUMAH BARU, SYUKURAN ANAK BARU (AQIQOH) dan beberapa acara lainya. Kesamaan yang paling mencolok adalah disetiap acara-acara tadi di finishing dengan acara MAKAN-MAKAN dan pulang membawa oleh-oleh jajanan dan makanan. Mungkin kalau di daerah lain namanya KENDURI, KENDUREN. Nek nang daerahe Inyong namanya KEPUNGAN. Di beberapa daerah Jawa Timur namanya BANCAKAN (BANCA'AN). He..he..he...

Oke...
kalau mengenai isi surat undangan walimah nikah contohnya adalah seperti ini:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan memohon Rahmat dan Ridlo Allah SWT. kami mengharap  kehadiran 
Bapak / Saudara  pada acara WALIMATUL URUSY pernikahan anak kami :

Vebe Yuni A.
Mojokerto

dengan

Indra Tri S.
Jombang

yang Insya Allah dilaksanakan pada :

Hari : Rabu
Tanggal : 27 Pebruari 2013
Jam : 19.00 WIB (Ba’dal Isyak)
Tempat : Prajuritkulon Gg.1 No.33
Mojokerto

Merupakan suatu kehormatan dan kbahagiaan bagi kami
apabila Bapak / Saudara berkenan hadir untuk memberikan doa restu

Demikian Atas Perhatian Serta Kehadirannya,
kami Sampaikan banyak terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kel. Bpk. Yakoeb

Perlu di ketahui, untuk surat undangan Walimatul Khitan, Walimatul Ghulam, Tasyakuran, Kepungan, Kenduren dan lainya, tinggal mengedit beberapa kalimat yang perlu. 
Dab biasanya kebanyakan surat undangan macam ini hanya terbuat dari kertas HVS yang di lipat jadi 3.