Isi Pusat Undangan Indonesia

Senin, 01 November 2010

Mengintip Cara Kerja Percetakan Undangan

Apakah Anda penasaran dan ingin tahu bagaimana percetakan bekerja untuk menggarap dan menyelesaikan kartu undangan? Kalau tidak, tinggalkan saja artikel ini gak usah dibaca. Langsung lihat saja CONTOH UNDANGAN atau CONTOH UNDANGAN UNIK 
Tapi Kalau ingin tahu bagaimana percetakan undangan bekerja silahkan baca terus ya...
Begini....
Jadi tidak banyak  yang  tahu,  bagaiman percetakan bekerja menyelesaikan order kartu undanganya. Disini
saya akan ceritakan sedikit saja atau sekilas saja bagaimana kerja percetakan undangan.
Pertama kali pemesan datang akan memilih contoh-contoh undangan yang sudah disediakan oleh percetakan. Setelah deal dari situlah percetakan mulai bergegas mengerjakan kartu undangan yang sudah dipoesan. Bila keadaan order sedang tidak ramai, maka percetakan bisa langsung berbelanja kertas di toko-toko kertas, bukan toko besi lho...singkatnya bahan-bahan kertas dan pendukung lainya sudah siap untuk dikerjakan.
Selanjutnya percetakan akan men-setting atau men-desain kartu undangan. Tentunya pakai komputer ya.. ada programnya sendiri untuk mensetting / mendesain undangan. Diutak-atik sana-sini akhirnya jadilah sebuah desain undangan yang cantik (yang tidak cantik juga ada kok).
Tahap selanjutnya, pihak percetakan membuat film undangan. Film ini terbuat dari mika khusus yang memang dipergunakan oleh pada usaha percetakan. Gambar rancangan undangan dari film itu kemudian di pindah ke lembaran plat berupa almunium seperti lembaran seng dengan meggunakan alat khusus yang memang hanya percetakan yang memilikinya. Emangnya kalau bukan percetakan punya alat itu buat apa? he..he..he..
Nah..dari lembaran plat tadi, percetakan kemudian memproses undangan itu di mesin cetak. Dan jadilah kartu undangan yang cantik tadi. (Undangan yang nggak cantik juga jadi, kok). Undangan nggak cantik itu karena berawal dari desain / settingnya yang mungkin kurang menguasai teknik desain. Tapi biasanya dalam proses desain bisa di tunggu oleh pemesan. Biar pemesan tahu apa kekurangan yang harus dibenahi. Kalau perlu pemesan bisa ngomong ke percetakan "usahakan desain undanganya yang bagus, ya pak?"
Sebenarnya ada juga teknik lain yang digunakan percetakan untuk mengerjakan kartu undangan. Cara diatas adalah untuk pesanan undangan dengan jumlah yang banyak. Adapun bila pihak percetkan menerima order kartu undangan hanya sedikit tekniknya sudah lain lagi. 
Semoga informasi ini bermanfaat ya? 
Nah..sekarang ayo kita lihat :